Selasa, 08 Oktober 2013

Tutorial Membuat Buku Di Microsoft Word Office 2007

Pertama-tama untuk membuat buku itu buat covernya dulu lalu klik insert kemuadian klik cover page. Di sana sudah tersedia segala macam jenis design cover tinggal edit saja nama judul bukunya dan nama universitas



Untuk membuat header  maka inforormasi tersebut terdapat pada bagian atas dari penulisan yang kita buat. Klik menu insert lalu klik header setelah itu pilih salah satu header yang anda inginkan dan ketik informasi yang ingin di tampilkan.


Sedangkan kalau footer, itu sama saja dengan cara membuat header seperti di atas. Bedanya kalau footer posisinya pada posisi bawah.


Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark 


Klik Text watermark dan lKlik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan. Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna), atur Layout watermark. Klik OK. 


Setelah itu membuat daftar isi, pastikan bahwa menu Ruler telah aktif. Jika belum, silahkan : Klik View lalu centang pilihan Ruler.


klik pada area Ruler berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf 'L' yang berwarna hitam, perhatikan bahwa tanda "L" diatas telah berubah posisi menjadi terbalik.


Atur pada Alignment klik Right, pada tab Leader pilih No. 2 lalu Klik tombol Set dan OK.


Langkah selanjutnya, posisikan kursor pada COVER. Lalu, klik tombol TAB yang terdapat di keyboard, maka dengan otomatis titik-titik tersebut keluar sampai tanda "L" yang terbalik dan ketik nomor halamannya.


Pada bagian isi kita gunakan column, dropcap, equation, table, bullet & numbering, dan footnote. Pertama-tama saya jelaskan mulai dari cara menggunakan Column. Siapkan bahan isi yang ingin anda buat menjadi buku, lalu klik Page Layout  dan klik Columns. Klik yang Two.


Setelah itu cara melakukan Dropcap yaitu seleksi huruf atau kalimat awal yang ingin di drop cap, kemudian klik Insert lalu klik tanda panah Drop cap dan pilih yang Dropped.


Cara menambahkan equation itu gampang saja, Kilk  Insert lalu di pojok pertama kanan atas ada tulisan Equation klik tanda panahnya dan pilih salah satu dari sekian rumus yang anda inginkan


Lanjut dengan membuat table persis seperti pada gambar di bawah ini, dengan klik Insert lalu klik Table dan atur sesuai dengan kehendak anda. Apabila ada beberapa cell yang ingin anda hilangkan cukup dengan memblog bagian cell yang ingin anda hilangkan dan Klik Border and Shading



Kita sering membuat bullet untuk opsi jika tidak dalam bentuk urutan langkah. Untuk membuatnya tidak ribet hanya dengan mengklik Home lalu pilih Bullet pada group Paragraf. Begitu pula dengan Numbering yang membedakan hanya letak pilihan yaitu di sebelahnya.



Untuk footnote atau catatan kaki yang biasanya berada pada akhir kalimat. Caranya klik References lalu klik insert Footnote dan akan secara otomatis muncul angka kecil pada akhir kata atau kalimat berserta dengan tempat tulisan keterangan tentang Footnote tersebut.


Tahap terakhir yaitu membuat biografi tentang penulis atau diri anda sendiri. Jangan lupa dengan memuat gambar



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar